2nd Jul, 2009

Etika Berkendara

Tahukah anda bahwa berkendara itu perlu etika? Tujuannya tak lain tak bukan adalah untuk menghormati, menghargai dan menjaga keselamatan orang lain. Banyaknya kasus kecelakaan yang terjadi ya salah satunya disebabkan oleh kelalaian pengendara motor maupun mobil di jalan raya. Di kota Jogja sendiri akhir2 ini pertambahan kendaraan motor maupun mobil amat sangat cepat sehingga ruas2 jl utama seperti jl. magelang dan jl. kaliurang dimana terdapt lokasi perkantoran dan kampus, dipadati kendaraan bermotor. DIsinyalir pertambahan jumlah mahasiswa dan mudahnya kredit kendaraan ikut menyumbangkan derasnya pertambahan kendaraan bermotor. Seperti yang saya alami, di pagi hari Jogja terasa kalang kabut, kendaraan beradu cepat saling salip untuk sampai ke tujuan, terutama di hari kerja saat waktu berangakt maupu pulang kerja. Apalagi di hari senin, wah diperlukan keahlian berkendara untuk bisa ikut lajunya roda empat dan roda dua. Belum lagi saat siang hari dengan suhu mencapai 30C bahkan lebih, bisa dibayangkan panasnya ditambah debu dan asap kendaraan menambah sesaknya Jogja. Hal ini masih diperkarah dengan perilaku pengendara motor yang tidak atau belum beretika. Tidak bermaksud menggurui karena mungkin saya juga termasuk pelaku pengendara motor/biker yang tidak beretika. Ukuran motor yang kecil dan lincah memungkinkan pengendaranya meliuk2kan roda duanya di depan moncong mobil, bis bahkan truk2 besar. Belum lagi kenekatan pengendara motor untuk nyebrang, motong jalur dan menyalip di jalan besar. Parahnya kebanyakan motor sering berada di jalur kanan yang diperuntukkan untuk mobil. Hal ini tak lain tak bukan biar cepat sampai tujuan entah kantor, sekolah atau ketika pulang ke rumah. Di Ring road sendiri, beberapa kali terlihat motor masuk ke jalur mobil dan berpacu dengan mobil. Bisa dibayangkan berapa kecepatan motor yang harus saingan dgn mobil yang rata2 100km/jam. Yang lebih parah lagi ketika di lampu merah. Lampu merah yang telah terpasang hitungan detik untuk memudahkan bagi pengendara bersiap2 melaju, seakan tidak digubris. Ketika detik menunjukkan warna hijau dengan angka 0, masih nekat menerobos dengan kecepatan tinggi. Alhasil pernah kejadian di perempatan Demak ijo, seorang pengendara sepeda ya sepeda berboncengan dengan istrinya terlindas mobil box, dan meninggal, karena menerobos lampu merah. Kalau sudah begini siapa yang tidak miris. Tetapi saya dan kebanyakan orang jarang yang punya moto sedia payung sebelum hujan, biasanya kehujanan dulu baru pakai payung. Nah, demikian pula dengan pengendara motor yang belum beretika, kalau belum kejadian belum kapok. Walaupun siapapun pasti tidak akan pernah mengharapkan celaka. Lalu solusinya bagaimana? Tentu saja dimulai dari diri kita sendiri. Adapun tips2 untuk meminimalkan kejadian yang tidak menyenangkan saat berkendara seperti celaka dan mencelakan orang laib adalah:

- Memakai helm yang benar (helm standar)

- Memakai kacamata UV di siang hari agar tidak silau dan pandangan mata lebih jelas

- Service rutin kendaraan anda, sehingga tidak macet mogok di tengah jalan

- Memakai ban yang standar, tidak gundul

- Memiliki dan membawa surat2 lengkap (STNK & SIM)

- Untuk menyeberang, pastikan lalu lintas aman, barulah menyeberang

- Perjalanan di kota, kecepatan tidak lebih dari 60km/jam, apalagi jika memboncengkan balita, orang tua

- Jangan membawa muatan yang melebihi kendaraan, kalau memungkinkan beli aja motor yang ada buat tempat barang di belakang (semi mobil)

- Patuhi lampu merah, lalu lintas dan hormati sesama pengendara

- Berdoa

Kita tidak pernah tau dan tidak pernah mau celaka, tetapi kalai bisa dicegah kenapa tidak? Disiplin berlalu lintas bukan hanya milik polisi tetapi kita semua agar selamat saampai tujuan.

30th Jan, 2009

Seminar Nasional

Temen2…..
Perpustakaan UGM Besok pada tgl 18 Februari 2009, di UC UGM mo ngadain seminar nasional
Tema : Strategi Pustakawan dalam Pemberdayaan Masyarakat
Pembicara : Drs. Idham Samawi, Bupati Bantul (Keynote speaker)
Pembicara : 1. Prof. Damarjati Supadjar
2. Anggi Minarni
3. Drs. Ida Fajar

Untuk lebih jelasnya lihat leaflet…pendaftaran juga bisa lewat aku…ayo ikut ya sekalian reunian….trus nitip juga untuk disebarluaskan ke teman sejawat, isntansi tempat kalian kerja…ma acih…..

Salam
Nova

19th Jan, 2009

Hai….

19 Januari 2009

Hai….dah lama bgt ni aku gak posting ke blog….abis saking banyaknya hal yang kualami n moslty happiness…jadi tersimpan di hati aj gak bisa ketulis…well in this begining of the year 2009…harapan aku mudah2an tambah baek, tambah sukses, tambah rejeqi, tambah semua yang baek2….barusan baca detik.com ada wejangan dari sespuhnya wordpress …agaknay aku termasuk yang “kena” soalnya bisa dibilang aku mandeg ngeblog so..here some of his advice for blogger :

Matt Mulleweg agar acara ngeblog Anda menjadi lebih asyik.

1. Fokus ke Passion
Dari sekian pengetahuan menggunung yang Anda ketahui, pasti ada satu atau dua topik yang benar-benar menjadi passion atau yang paling diminati. Cobalah untuk meramaikan halaman blog Anda dengan passion tersebut, mau itu bidang fotografi, teknologi, bisnis atau yang lainnya.

Pasalnya, menurut Mullenweg, dengan semakin seringnya Anda menuliskan topik tersebut, secara tak sadar Anda akan lebih mahir di bidang itu. “Sebab, Anda akan membicarakan dan meng-update pengetahuan mengenai hal itu setiap hari,” ujarnya.

2. Jangan Menutup Diri
Menulis di blog juga tak sekadar sharing pengetahuan. Sekadar sharing perasaan yang tengah Anda rasakan juga dapat melatih kemampuan ngeblog Anda. Sedikit narsis memang, tapi cobalah untuk melakukan hal ini, karena nantinya Anda akan terbiasa untuk berbagi di blog terhadap sesuatu yang Anda anggap menarik atau rasakan.

3. Kunjungi ‘Tetangga’
Dunia blog amatlah luas dan tak terhingga besarnya. Layaknya manusia yang hidup di dunia nyata, ‘kehidupan’ di dunia blog juga tak terlepas dari interaksi dengan blogger lain.

Dengan melakukan ‘jalan-jalan’ santai di blog orang lain, wawasan Anda pastinya juga akan diperkaya. Tak hanya dari sisi pengetahuan, namun Anda juga bisa mengintip gaya tulisan hingga desain blog orang lain yang bisa diadopsi di blog Anda.

4. Practice Makes Perfect
Melahirkan gaya tulisan yang bagus dan khas sesuai cita rasa Anda tentunya tak bisa didapat dalam waktu singkat. Hal ini harus diiringi dengan latihan sesering mungkin yang jika sudah rutin dilakukan akan membuat tulisan Anda terasah dengan sendirinya

See….menarik juga advisenya…bisa kita praktekan buat new blogger like me…ok…have fun….

19th Sep, 2008

Lebaran Sebetar Lagi…..

Jum’at, 19 Sep 2008.

Saat kutulis ini, masih bulan Romadhon hari ke 19, artinya mendekati malam i’tikaf, 10 malam terakhir di Bulan Romadhon. Campur aduk perasaanku antara senang menjelang lebaran dan sedih meninggalkan Romadhon. Senengnya, lebaran bisa kumpul sama kelurga plus makan opor ketupat. Oh ya, Lebaran th ini adalah lebaran ke-2 Yukio ikut sholat. Tahun ini anaku dah ceriwis n dah mulai kritis plus pengen tau banget tentang apa aj. Tidak seperti Lebaran th kemaren, pas sholat Ied eh ngilang, akhirnya nangis koer2 karena tersesat. So…ngganggu org2 yang pada sholat deh. Mudah2an th ini anteng n duduk manis. Aku si pengen banget liat dia pake baju koko yang dibelikan suami, lucu pasti. Soalnya pas beli sama sekali gak mau nyoba beberapa hari sesudahnya juga kekeuh gak mau. Ya udah aku nyerah deh, ntar pas lebaran mudah2an mau. Lebaran th ini Yukio hampir dua th (Ultahnya Okt tgl 11). Alhamdulillah dah di sapih, jadi maemnya n mik dodotnya mulai banyak. Ternyata menyapih anakku tidak seseram yang ku bayangkan. Bisa juga dia. Lain kali deh aku crita sekarang mo crita persiapan lebaran dulu….

T ahun demi tahu kulalui, lebaran tidak bersaamaan waktunya. Ini agak membuatku sedih yang satu masih puasa, yang satu lagi dah merayakan lebaran. Any way, masing2 mudah2an punya dasar n ilmunya buat nentuin hari lebaran. TIdak cuma sekedar ikut2an alias rubuh2 gedhang orang Jawa Bilang. Lah emang masalah ibadah n aqidah musti punya dasar dan Ilmunya, Al Qur’an dan Al Hadist, tidak sekedar melu2 ya tho…Ya klo yang diikuti bener, klo salah…weleh2

25th Aug, 2008

Nonton Jathilan

barngsai2.JPG

Sabtu-Minggu, 23-24 Agustus ‘08

Bertempat di lapangan Mlati Sleman BRI punya gawe besar. Pesta Rakyat Simpedes. Acara inti adalah penarikan undian bagi nasabah BRI. Undian yang diperebutkan adalah beberapa sepeda motor, uang tunai dan hadiah utama yaitu Toyota Yaris. Acara dimeriahkan oleh drumband, jathilan, panjat pinang, Barongsai, reog, dangdut dan juga bazar murah yang dipandu MC Nonot, Kristin, Mbah Darmo dan Aldo Iwak Kebo.

Bisa dibayangkan dong meriahnya acara ini. Tak ketinggalan aku bersama Yuki, Mbah Uti Mbah Kakung berniat nonton acara ini. Sekitar jam 10 pagi kita dah nyampe lapangan dan acara juga telah dimulai. Jathilan cilik dari SD Sedangadi Mlati menampilan jathilan lengkap dengan jaran kepangnya dan geding asli. Acara ini disiarkan pula oleh TA TV (belakangan tak tunggu2 ko belom tayang2 juga ya..). Yukio tampak asyik nonton di barisan paling depan. 2 group dari SD di sleman tampil dengan meriah. Penontopun kasih aplaus untuk penampilan mereka. Acarapun dilanjutkan dengan live musih dari grup Prambanan klo tidak salah. Akupun keliling stand2 pameran di seputar lapangan sembari nunggu jathilan beneran maen. Hari itu lapangan terik sekali, sinar matahari menyegat. Aku n rombongan yang tidak persiapan payung plus minuman dari rumah alhasil kehausan. Nyari2 stand minuman akhirnya nemu jus seba coklat yang sepertinya enak. Lupa nama standnya hanya ingat yang jual 2 orang cowok berambut gimbal dan sedikit kumal. Agak pesimis ni jusnya enak gak ya? higienis gak ya? Ah sudahlah haus ini…Kita pesen tiga gelas, coklat, strowberi dan capuccino seharga Rp 3500 satu gelasnya. Wuih rupanya dikasih parutan kecu plus taburan coklat kecil2 di atasnya. Aku yang pesen capucinno langsung mencicipi wuih…uenak ternyata…seger banget…dan bersih pula…maklum pakai gelas sekali pakai.

Jam sudah menunjukkan pukul 12.00 tp jathilan blom maen2 juga.Kitapun berteduh di SD Sedangadi 1 yang berada tepat di pinggi lapangan. Rupanya para pemain jathilan sedang istirahat di situ. Tepat pukul 13.00 jathilanpun di mulai. Di tengah matahari yang semakin terik jathilan wanita mulai straksi tarian2 plus naik kuda kepang. Tak berapa lama ada beberapa pemain yang mulai “dadi” alias kemasukan (katanya si…) mulai bertingkah aneh dengan makan kembang setaman dan minum dari air di baskom. Wah mulai agak takut ni, klo ketempelan takut ndadi…Para pemain juga banyak yang keluar arena, ada yang mengejar salah satu kru jathilan dan ada pula yang minta jajanan es krim dan minum dawet (agak gak masuk akal ya…). Akhirnya salah satu kru yang di kejar ikut maen di arena sambil makan es krim . Jathilan makin seru plus lucu. Ada pula yang membawa pisang dan ditawarkan ke penonton, walo agak sedikit takut aku ikut ambil pisang dan dimakan Yukio…mudah2an gak ada apa2…Kelar jathilan cewek yang berakhir dengan beberapa pemain yang pingsan yang harus digotong keluar, munculnya jahitlan laki2 yang lebih seram dan lebih seru tentunya…dan lebih mistis…dukunya 3 orang…Penampilan jathilan laki2 ini seru sebenarnya hanya sayang rombongan barongsai keburu datang, sehingga banyak penonton yang surut berpindah nonton barongsai…Menurutku penampilan barongsai tidaklah terlalu istimewa ya hampir sama dengan barongsai2 yang lain, berjumpalitan dan akrobatik plus liong yang berjalan meliuk2….Penampilan barongsai hanya sekitar 45 menit kemudian dilanjutkan acara panjat pinaang. Dua pohon pinang yang sudah digantungi amplop2 berhadian (kabarnya hadiahnya jutaan), dipereutkan oleh peserta yang terdiri dari laki2 (tentu saja mana pernah ada yang wanita) berbadan kekar, hitam dan bertato…wah serem juga…

Bersambung……

17th Jul, 2008

Adem bener…..

Akhir-akhir ini udara dingin plus angin berhembus kencang. Tidak seperti kemaren2 yang super duper panas sampai 37 celcius. Perubahan cuaca yang cukup drastis ini mau tak mau membuat suhu tubuh kita ikut menyesuaian. Bagi yang kondisi tubuhnya selalu fit gak masalah. Nah bagi yang drop perubahan cuaca ini bisa mendatangkan berbagai penyakit terutama flu, hidung mampet, radang tenggorokan. Apalagi buat yang alergi dingin seperti aku. Tapi karena tlah terbiasa dengan alergi so…siap2 dengan suplemen n vitamin, seperti vitamin c, pocari swaeat, susu, gak lupa pake baju dobel dan selimut tebal saat tidur. Btw dinginya Jogja masih normal dibandingkan dengan daerah pegunungan sono, yang airnya sedingin es. Wah bisa2 hipothermia. Dan klo dingin2 gini favoritku si jahe merah hangat. Sayang dah lama gak minum. Susah je nyarinya. Musti pesen ke adekku n nunggu ketemuan dulu baru bisa dapet. Oh ya yang terbaru aku konsumsi jamu sarang walet plus rempah2 dibawain suami. Katanya si jamu dari jawa timur. Kasiatnya selain menyembuhkan berbagai penyakit juga untuk menambah berat badan. Kok bisa? Iyae…aku aj nambah berat sekitar 5kg sejak minum ini. Rsanya emang lapar mulu. Anakku juga minum dan sudah menunjukkan hasil. Pipinya dah mulai gembil kayak ayahnya. Jadi bagi yang pengen gemuk n sehat bisa konsumsi jamu ini. Tapi klo yang diet jauh2 deh…Btw suplemen si cocok2an jadinya blom tentu cocok buat aku cocok juga buat orang laen. Tapi gak ada salahnya nyoba toh harganya cuman murah Rp 30.000 sebungkus dengan kadar walet minimal. Buat aku, sebungkus ini abis dalam waktu sebulan. Di minum tiap malam menjelang tidur. Klo mau kadar waletnya lebih banyak ya lebih mahal…wanna try?….

11th Jul, 2008

Badai di Tahun 2222


Atas saran dari suami, aku posting deh cerpen yang pernah ku bikin bulan Agustus 2004. Walopun unfinished karena dah buntu but not bad lah…ternyata aku bisa juga bikin cerpen. Boleh dong narsis dikit di blog sendiri….

BADAI DI TAHUN 2222

Ciiiiit! Suara rem flying vw yang dikendarai Ahmad terdengar. Mobil berkekuatan 960hp dengan kecepatan terbang 350/950 mph warna kuning highlight itu berhenti.

Wah, gimana nih,” pikir Ahmad. Mendadak mobilnya ngadat. Sementara di ketinggian 100 meter di atas tanah sebelum mobil turun, dia nyoba ngutak-utik tombol active height control, tombol pengatur ketinggian di dashboard.

Wah, terpaksa deh aku pake jalan darat.” katanya. Rupanya systemnya nggak jalan. Transmisinya error. Maklum mobil keluaran 2210, sepuluh tahun lalu, jelas aja. Kemudian Ahmad mengaktifkan sistem roda pendarat dan nyoba vertical landing di jalan raya di bawahnya.

Akhirnya setelah parkir di pinggir jalan, dia mencoba memperbaiki mobil. Fuel consumption oke, operational ceilling juga oke. Wah bingung nih.

Akhirnya dia nyoba connect ke Ali. Layar monitor di depannya, menampakkan keadaan Masjid Baitul Izza.

Assalamu’alaikum Ali”, sapanya setelah di layar tampak pemuda berambut gondrong pakai baju silver bernama Ali.

Wa’alaikumsalam Ahmad, gimana nih kok belum nyampai, acara mo dimulai lima menit lagi nih.” Jawab Ali.

Sorry deh, vwku ngadat, maklum mobil tua. Nggak mau terbang. Terpaksa deh pakai jalan darat.”

Apanya yang rusak sampai nggak mau terbang segala?” tanya Ali

Nggak tau tuh, di flight control system juga nggak ada data apa-apa. Jadi aku belum tau sebabnya. Kayaknya gas auto nih, kalau gini terpaksa deh setir manual. Tapi jangan kawatir tak usahain cepet, nggak ayah lah sekali-kali pake cara kuno.” Jawab Ahmad. “Udah dulu ya, Assalamu’alaikum”, kata Ahmad menutup pembicaraan.

Sambil menyetir dia melihat sekeliling. Kagok juga dah lama nggak setir manual, biasanya sih tinggal ketik koordinat tujuan langsung deh mobil terbang. Untunglah sistem navigasi di mobilnya nggak ikutan ngadat, bisa parah dong. Soalnya dia belum pernah ke Masjid Baitul Izza lewat jalan darat!

Di kiri jalan tampak pohon beringin baja melambai-lambai. Benar-benar cloning yang sempurna. Cauliflower Mozaik Virus CM24 penghasil gen yang khusus menginjeksi total tanaman akhir-akhir ini laku keras. Mengganti virus generasi sebelumnya jenis CM23 ataupun jenis plasmid bakteriofag yang lebih murah tapi hasilnya nggak gitu bagus. Maklum kecepatan membelah diri virus CM24 ini berkali lipat. Dengan kantong pas-pasan orang hanya mampu beli kemasan paling kecil seperempat gram yang harganya udah mencapai duaratus ribuan. Itupun hanya bisa bikin tanaman mungil seperti kaktus. Bukan main, kalau gitu berapa biaya untuk bikin pohon beringin sebanyak ini ya? Pikir Ahmad. Berita tentang virus baru untuk gen rekombian ini benar-benar lagi heboh. Baru pagi tadi Ahmad membacanya di koran on-line. Banyak hasil cloning yang membahayakan. Bahkan mega mal di kota ini sudah rata jadi debu gara-gara diserang 5 cloningan yang ngamuk. Dan yang bikin Ahmad heran ujung-ujung pohon beringin itu berubah jadi pisau-pisau kecil yang runcing. Hiii…nggak kebayang deh kalau pohon itu jatuh dan menimpa manusia, pasti tertusuk ujung dahan yang runcing. Ahmad meringding, pertanda apa ini?

Tak terasa dia sudah sampai di pelataran parkir masjid. Jam tangan dijitalnya menunjukkan pukul 09.10. “Wah telat sepuluh menit nih.” Batinnya. Segera dia mencet tombol warna hijau jamnya. Searching nama Ali dan segera wajahnya terpampang di layar.” Aku dah nyampai.” Kata Ahmad. “Oke deh,” jawab Ali.

Assalamu’alaikum warahmatullohi wabarokatuh.” Ahmad mengawali ucapannya pada peserta pengajian siang itu ketika dia udah tampil di atas mimbar. “Silakan searching surat Al Baqoroh ayat 185.” Tampak peserta pengajian sibuk nyimak di electronic Qur’an masing-masing. Acara ngaji yang berlangsung satu setengah jam itu lancar-lancar aja.

***

Ahmad, aku numpang ya,” kata Ismu salah seorang peserta pengajian yang juga sahabat Ahmad ketika pengajian telah selesai.

Tapi mobilku ngadat nih, lagi nggak bisa terbang.” Jawab Ahmad.

Nggak ayah, aku udah biasa juga. Malah tadi jalan kaki ke sini, tapi lagi agak pusing sekarang.”

Oke deh, naik aja.”

Mobilpun berjalan menuju rumah Ismu. Rumah berbentuk setengah lingkaran, adaptasi rumah iglonya orang kutub 200 tahun lampau itu, tampak sepi. “Mampir yuk!” ajak Ismu pada Ahmad. Setelah melihat agenda dijital di jam tangannya Ahmad mengangguk setuju. Rupanya siang ini kosong, nggak ada acara. Ismu mencet beberapa angka password di pintu gerbang. Segera saja gerbang setinggi satu setengah meter itu bergerak membuka.

Eh, ngapain dia?” tanya Ahmad ketika melihat Ismu yang lain terkurung dalam salah satu ruang berlapis kaca.

Inilah yang bikin aku pusing.” Kata Ismu. Cloning-an ku ini udah seminggu ngamuk. Makanya aku kurung, takut ngrusakin apa-apa.”

Emangnya kamu nggak kasian apa?”

Ya kasian, tapi gimana lagi. Buat reparasi dia ongkosnya mahal banget. Nggak punya duit,” jawab Ismu.

Kok bisa mahal sih?”

Soalnya untuk bikin normal dia lagi butuh DNA plasmid murni diinjeksi virus mamalia simian SV40 yang langka banget.” Ismu njelasin.

Trus, belinya di mana?”

Nggak ada yang jual, harus dibikin. Dan yang bisa bikin cuma Profesor Brown yang sekarang nggak ketahuan lagi ada dimana.”

Wah untung deh aku nggak di cloning, bisa pusing aku kalo gini.”

Iya sih, tapi ini kan tinggalan almarhum Ayahku buat nemenin aku. Aku kan nggak punya saudara.”

Ya udah kamu do’a aja cloningmu ini cepet sembuh.”

Emang cloning-an bisa dido’ain?” tanya Ismu.

Sejenak Ahmad ragu-ragu dan garuk kepalanya yang nggka gatel. “Iya, ya, nggak tau deh. Ilmu agamaku belum banyak. Apalagi teknologi, wah gaptek deh.”

Ya udah, nggak apa-apa, makan dulu aja yuk,” ajak Ismu.

Ismu mencet tombol bergambar burger dan soft drink di mesin olah makanan di dapur. Lima menit kemudian makanan tersaji dan mereka mulai makan. Sambil makan mereka ngobrol tentang cloningan Ismu yang sedang nggak beres itu. Rupanya kasus cloningan yang terkontaminasi virus hasil injeksi ini, nggak cuma sekali ini saja. Udah ada sekitar 50-an kasus, tapi baru 5 yang berhasil dikembalikan normal. Udah gitu kalau stadium kontaminasinya udah tinggi bisa gawat. Seperti cloningan Ismu yang sampai ngamuk. Undang-undang juga nggak ngijinin buat musnahin cloningan, katanya sih sama aja pembunuhan.

Trus dia sempet ngrusakin benda-benda nggak?” tanya Ahmad.

“Belum sih, soalnya begitu ada tanda-tanda dia nggak beres, aku langsung manggil security Robot PR24, akhirnya dia dikarantina di ruang kaca itu.”

Sepulang dari rumah Ismu, Ahmad termenung. Selama ini dia nggak pernah mikir bahwa program cloning ternyata rumit banget. Emang sih dia pernah punya keinginan buat di cloning. Biar kalau capek ada yang gantiin sekaligus juga buat teman. Dibukanya situs-situs tentang cloning di internet. Dia kaget ternyata 200 tahun yang lampau tepatnya di tahun 2002 cloning ini jadi bahan perdebatan. Sejak Eve (nama bayi yang dikloning) lahir banyak orang bereksperimen nyiptain manusia Cloning. Soalnya Eve ini nggak sempurna, belum nyampai umur 15 dia udah terkena kanker dan akhirnya meninggal dunia. Sekarang Profesor Brown pakar cloning terkemuka telah menciptakan loning bagi separo manusia di muka bumi ini. Dan sekarang telah menghilang.

***

Teringat kejadian cloning Ismu dan pohon beringin di jalan, Ahmad menghubungi Ismu.

Assalamu’alaikum Is, gimana kabar cloningmu” Tanya ahmad

Wa’alaikum salam. Wah makin gawat dia tadi hampir aja berhasil memecah kaca,” jawab Ismu

Iya nih aku juga punya firasat gak enak, tentang cloning ini, tau nggak beringin di jalan udah berubah seperti senjata. Dan kubaca Koran tadi semua clonning manusia udah bikin kerusakan hebat.” Kata Ahmad lagi

Eh, gimana kalau kita minta tolong omku saja, yang kerja di Hologram Departemen research itu, mungkin dia bias nolong, dia dulu satu jurusan sama Profesor Brown. Katanya sih emang dari dulu professor itu gila.”

Oke deh, jawab Ahmad, kita ketemuan disana, kasih tau koordinat tempat ommu, alhamdulillah nih mobilku dah beres dah bis aterbang.”

Dalam waktu 10 menit akhirnya mereka sampai ditempat Professor Ibnu Shina, omnya Ismu. Ketika datang, Profesor berumur 42 tahun yang memakai sorban dan berkacamata minus itu sedang serius melakukan percobaan di laboratorium riset di rumahnya.

Memang, aku sudah lama curuga dengan cloningan buatan Brown,” kata Professor Ibnu ketika mereka berdua cerita maksud kedatangan.“Bahkan lebih bahaya lagi, dugaanku kayaknya cloningan Brown ditujukan untuk jadi pasukan perang.” Sambil cerita professor Ibnu sedang melnuangkan larutan-larutan ke dalam tabung kaca.

Apa om?” Tanya Ismu heran bercampur ngeri.

Coba lihat sini,” kata Professor Brown sambil menunjukkan gambar monitor besar di laboratorium itu.

Lihat sel-sel yang saling bunuh itu,” di layar tampak gambar sel yang sudah diperbesar. “Itu yang mempengarui sungsi chip cloning jadi brutal.” Jelasnya. “Sampel ini aku ambil dari kuku dan rambut dan kulit cloning yang ada di kantor, yang berhasil kami tangkap.”

Profesor Ibnu pun bercerita tentang masa kuliah Profesor Brown. Brown muda dikenal sebagai pemud misterius tak punya teman. Brown bisa masuk ke Universitas Universitas swasta elit di negara ini waktu itu berkat kepandainannya memenangkan olimpiade biologi internasional. Sayangnya kampus kejam terhadap mahasiswa miskin dan jelek seperti Brown. Rata-rata penghuni kampus adalah orang-orang kaya dan berpenampilan keren.Badan Brwon yang bungkuk, kakinya yang pincang dan muka penuh jerawat bernanah itu selalu jadi bulan-bulanan. Yang paling menyedihkan adalah ketika gadis-gadis berpandangan jijik ketika melihatnya. Dikalangan mahasiswa angkatannya dia berambisi untuk jadi penguasa dunia. Ketika semua mencemooh ambisinya itu, Brown bertekat membalasnya. Hingga akhirnya saat mata kuliah micro cloning Brown membuat percobaan nyamuk besi. Dan sungguh mengerikan ketika banyak mahasiswa seluruh tubuhnya dipenuhi jerawat bernanah dan berbau busuk. Brwon berdiri di atas podium dan mengumumkan penemuan jahatnya itu, sambil tertawa-tawa seperti orang gila. Brown pun ditangkap dan dimasukkan ke rumah sakit jiwa di kota itu.

Profesor Ibnu kemudian memandang keduanya dan menghela napas. “Waktu itu, om yang jadi ketua mahasiswa mengevakuasi korban. Akhirnya setelah 3 bulan bisa detemukan penagkalnya oleh Professor Tobias, yang waktu itu jadi dosen micro cloning. Bisa dibayangkan bahanya penemuan Brown. Rupanya penemuan awalnya itu lalu dikembangkan seperti sekarnag ini.” Kata Profesor Ibnu mengakhiri ceritanya tentang Profesor Brown.

Ahmad dan Ismupun saling berpandangan dan ngeri. “Lalu bagaimana om?” tanya Ismu.

Itulah yang sulit, cloning yang sekarang dibuat amatlah rumit struktur organismenya. Obat penangkalnya sebenarnya hampir bisa kutemukan, tapi masih kurang Mamalia Simian SV40 yang sekarang ada di bungker profesor brwon.”

Kalau gitu kita ambil aja Prof,”Kata Ahmad

Nggak semudah itu nak, bungker itu penuh jebakan. Banyak micro nuklir di tanam di sana. Selain itu banyak penjaga hasil cloningan dari hewan-hewan buas.”

Mereka berdua meyakinkan Profesor Ibnu untuk menjalankan misi sulit ini. Misi yang amat bahaya taruhannya adalah nyawa.

Baiklah,” kata Profesor Ibnu..”Kalian harus punya tim yang amat hebat, karena sepertinya pemerintah tidak mendukung kita, mereka sudah di suap Brown. Ingat ini mission top secret.

***

9th Jul, 2008

Donat Jco

Jogja, 9 Juli 2008.

Pernah rasain renyahnya n empuknya donat Jco?..wah dijamin ketagihan deh. Penasaran sama resepnya iseng2 browsing net eh nemu. Hm…bahannya lumayan gampang didapet trus kayaknya gak gitu susah. Oh ya sebelumnya aku belum pernah bikin donat. Seringnya denger orang bikin yang bantatlah, yang keraslah. Jadinya agak deg-degan ntar klo gak jadi gimana….Walhasil sampe rumah langsung deh nguleni macem2 adonan donat trus…tralalala….wuih renyah euy…seempuk jco…cuman topingnya aj yang beda…kali ini cuman ada meses di rumah…besok deh laen kali pake toping macem2. Well…ternyata aku bisa bikin. Bravo for me…Cuman sayangnya klo besoknya dah gak serenyah pas abis nggoreng…soalnya lupa gak ditaroh di wadah tertutup so semaleman di biarin kena udara…Pengen nyoba?  ni resepnya….

Bahan 1:

425 gr tepung terigu cakra

1 Sachet fermipan

5 grm garam

250ml air matang (klo airnya bisa kira2 jangan sampe terlalu lembek)

Bahan 2:

100 gr tepung terigu cakra

5 gr garam

30 gr susu bubuk

65 gr gula pasir

50 gr telur (1 butir telur)

65 gr mentega putih

Cara membuat:

Aduk bahan 1 dan istirahatkan dalam wadah tertutup selama 90 menit.Campur bahan 1 dan 2, ulerni sampe kalis, kemudian istirahatkan lagi selama 15 menit.Bentuk menjadi bulatan2 donat, kemudian goerng dengan minyak yang telah dicampur mentega putih 1 sd. Goreng dengan api kecil sampe kecoklatan. Beri toping sesuai selera. KUrang lebih jadi 20 buah.

Selamat mencoba…..

30th Apr, 2008

Pindah Rumah….

Alhamdulillah..akhirnya tanggal 19 April 2008 pindah ke rumah baru…hore…..Awalnya dah sepakat pindah tgl 20 Maret 08 tp ya mundur deh cuz keramik blom jadi, cat blom, melamik belom, kamar mandi juga blom jadi. Weleh2 mundur sebulan deh…..Pindahnya si seneng2 ajtp suasana pindahan n proses pindahanya itu yang bikin bosen…dari jadul pas kuliah dulu ton 96 pindah kos berkali-kali, bungkus ini bungkus itu, debu beterbangan barang2 banyak. Walhasil pindahan kali ini blas gak ada hasrat buat nyiap2in or bungkus2 maunya “sim salabim abrakedabra” pindah dalam sekejap…tp opo iyo…. Pas hari H pindah Alhamdulillah banyak yang bantuin. Wow gak nyangka satu truk gak muat, Alhamdulillah ada sodara bawa mobil so kerdus2 kecil bisa masuk mobil n bye…bye…taman harapan…rumah kontrakan yang walo sebentar menyisakan sedikit kenangan indah….

Gak berapa lama sampelah di rumah baru di mana ya alamatnya….blom tanya pak DUkuh je lupa klo gak salah di Karanggenen, Mulungan Kulon, Mlati Sleman…Di Griya Melati Indah apa ya…pokoknya di situ deh..para volunteer sibuk bongkar2 barang n yup Yuki ikut wira-wiri hepi banyak temen…Setelah capek pol akhirnya kelar juga menjelang ashar n mulai menikmati suasana rumah yang sejuk segar….Apalagi di sore hari n malam yang mulai temaram wuih serasa di villa cuz depan pemandangan kebun n sawah yang membentang luas alias rumahnya masih sendirian, kiri kanan n depan blom dibangun…..Yang bikin geli, Yuki gak ngeh pindah rumah…taunya liburan kali…beberapa kali masih bilang “pulang…pulang…” blom ngerasa betah…masih asing dengan lingkungan sekitar. Mungkin bingung ko Mbak Fania, Mas Devan, Mas Rasya, De’ Wawa temen2 di taman harapan pada gak ada….yang ada cuman Mas Dira, ibu, kakung n uti ma pak tukang  plus pong2an, jangkrik n kupu2…..Klo diajak jalan2 ke TK deket rumah  ato jalan ke sawah maunya bentar thok trus minta pulang….Kacian yuki…mudah2n adaptasinya gak lama, udah betah n krasan….btw bentar lagi mo ke tempat ayah neh…sekitar 10 harian di Bekasi…bingung gak ya Yuki cuz barusan di tempat yang baru trus liburan….mudah2an gak deh….tunggu kita ya Ayah…ayah mo di bawain oleh2 apa?…Yuki ma ibu dah kangen je….mpe ketemu di Bekasi ya…dadah….

11th Feb, 2008

Barongsai

“Jalan-jalan yuk..” begitulah klo ayah pulang jalan2 jadi agenda wajib. Kali ini Sabtu, 9 Februari 2008, ayah pengen ke Taman Pintar yang berlokasi di dekat shoping centre. Yukio? wah ni anak manut2 aj, abis belum bisa ngarani mo kemana, jadi ya ngikut aj apa kata ayah ibu hehehe. asampe di taman pintar agak mendung n sedkit gerimis. Klo pengunjung normal lah. Lumayan banyak palagi weekend gini. Yuki asyik n sedikit heran melihat tempat yang ramai. Hm…kemana ya…dimana2 penuh anak2 wah bisa2 yuki tenggelam diantara anak2 usia TK n SD yang piknik ke taman pintar.
Akhirnya kita nemu lokasi yang gak begitu penuh anak2. Ya…diantara replika jamur2 warna-warni, Yukio lari2 kecil n sedikit mau berpose ketika difoto..cheers…jepret. Sesi foto selesai dilanjutkan jalan ke tempat bunyi2an semacam kendang, wah ayah ma Yuk asyik pukul2 kendang. Tiba-tiba mak reguduk…serombongan anak-anak SD menyerbu. Wit Yuki bisa keinjek ni, ya udah aku gendong aj, trus lirik kanan kiri kemana ya…Ah ya ke gedung oval aj. Kebetulan pas terakhir kesana jaman KKN dulu (nganter anak2 desa Jejeran-Bantul) gedung ini blom di buka. Tiketnya lumayan murah, cuma Rp 3000. Sampai di pintu masuk disambut dengan aquarium berisi aneka ikan. DI samping kanan, kiri maupun di atas (atap). Mini sea world deh. Trus mulai masuk ke bagian dalam ada replika Dinosaurus, hm…lumayan seram…dah mulai was-was janagn2 Yuki nangis. Alhamdulillah gak nangis, cuman agak kaget aj. Abis itu muter-muterin gedung oval trus keluar deh. Jam udah menunjukkan waktu 12.15. waktunya sholat n makan ni. Aduh…ko Yuki gak mau pulang, maunya maen ni apalagi liat balonku ada lima rupa-rupa warnanya. Setelah kubujuk dengan berbagai rayuan maut (beliin balon) akhirnya luluh juga. Acaranya dilanjutkan dengan makan siang. Kelar makan siang, jalan2 bentar di mall. Pas mau pulang ayah tanya

“Jaketnya Yuki mana Bu”

“Loh, bukannya dibawa ayah?”

“Gak tuh…wah ketinggalan di tempat makan deh”

ya udah kita balik lagi ke McD…tanya ke pelayannya…”Mbak liat jaket anak kecil ketinggalan gak?”…ups lah ko tiba2 jaket jatuh dari gendongan…Aku liat2an sama suami..wah gmn ni…malu deh udah terlanjur tanya. Untungnya mbaknya gak liat dan aku ma suami buru2 pamit sambil bilang “Ya udah mbak, klo gak ada dak papa.” Ngacir deh…wuah..jadi gak enak ma mbaknya ni…

Sampai di jalan heran ko banyak polisi. Ada apa ni? Pejabat lewat? Cegatan? Ngejar penjahat?…Salah semua..Oh…rupanya mau ada pawai Barongsai. Wah asyik ni, bisa liat, kapan lagi, blom pernah liat ini. Finally kita parkir di posisi stratgis. Deket halte bis yg baru tu. Yang blom jadi2 beroperasi. Gak berapa lama munculah rombongan pawai yang diawali dengan motor cross (eh bener gak namanya) yang jumping2 itu. Wah Kesukaan suami ni…liat atraksimotor akrobatik. Penonton semua tepuk tangan ketika peserta pawai beraksi. Aku pun jadi fotografer amatir. Jepret sana jepret sini, sementara ayah nggendong Yukio. Motor selesai apalagi ni? Wow rombongan Barongsai n liong. Ada kira2 8 sampai 10 kontingen unjuk kebolehan, wuah…seru bgt. Untungnya Yuki gak nangis blas, exciting banget. Ikut tepuk tangan. Padahal aku tadinya udah pesimis, ni pasti takut, eh ternyata berani. Jagoan ni anakku. Paradenya seru banget, ada rombongan sepatu roda, rombongan anak-anak berkostum ala haloween, sampai rombongan banci kaleng..aduh endang…..Rombongan ini bikin senyum penonton, pas sesi foto bergaya bak perawati, aduh Aming aj masih lebih cantik. Yang cukup bikin kejutan adalah rombongan Reog Suro Menggolo, lainbanget kan? Imlek tapi ada reog. Wah aku seneng bgt. Dasarnya blom pernah liat reog plus ikut kesal budaya asli Indo di aku ma Malingsia. Aku yang biasanya takut bangsanya jathilan, reog dsb jadi punya nyali motret paling depan. Eh ma suami di suruh minggir, takut aku ketemplokan jin kali, trus ndadi…kan gak lucu bgt… Dari semua kontingen Barongsai, yang palign seru yang punyanya angkatan, pasukan infanteri ato apa ya..pokoknya rombongannya TNI lah. Yup atraksi mereka cukup menarik dari berguling, melompat, naik ke pundak temennya. Wah seru abis. Rugi deh klo gak nonton. Yang blom nonton tunggu taon depan deh, kayaknya ada lagi ni festival kebudayaan Tionghoa. Aku aj gak sengaja nontonnya, gak tau infonya sih. Nek tau, besok lagi bakal bawa rombongan temen2 biar makin asyik nontonnya.

Categories